Kelas Inspirasi adalah sebuah gerakan sosial di bidang pendidikan yang mengajak para profesional di dunia kerja dalam bidang apapun untuk ambil bagian dalam menangani masalah pendidikan di Indonesia. Bentuk iuran yang ditawarkan kepada para relawan adalah cuti selama satu hari untuk kembali ke sekolah dasar dan menginspirasi anak-anak di sekolah. Inspirasi yang diberikan adalah mengenai profesi dan pekerjaan para relawan iu sendiri, agar mimpi dan cita-cita anak menjadi lebih terangsang.

Sebelumnya, relawan Kelas Inspirasi Karawang #1 berhasil menyelenggarakan Hari Inspirasi untuk pertama kalinya di kota ini di 16 sekolah dasar negeri pada tanggal 11 April 2016. Saat itu kegiatan Kelas Inspirasi dilaksanakan di 6 kecamatan secara serempak, yaitu di kecamatan Pangkalan, Teluk Jambe Barat, Karawang Barat, Rawamerta, Rengasdengklok dan Jayakerta.

Kelas Inspirasi Karawang terus membuka ruang publik yang lebih luas dengan mengajak lebih banyak orang untuk ambil bagian dalam gerakan ini. Karena kami percaya bahwa masalah di dunia pendidikan bukan hanya tugas Menteri Pendidikan, bukan tugas guru dan kepala sekolah, bukan hanya tugas orang tua. Tapi tugas seluruh masyarakat Indonesia.

Kelas Inspirasi Karawang #2 akan dilaksanakan untuk kedua kalinya pada bulan Februari 2017. Apakah Anda berani jadi guru sehari di Kelas Inspirasi Karawang #2?
"Jadilah lilin, jadilah cita-cita. Jadilah inspirasi, jadilah perubahan."


Timeline Kegiatan Kelas Inspirasi Karawang #2



Di dalam kegiatan Kelas Inspirasi (tepatnya saat Hari Inspirasi) seluruh relawan yang lolos akan dibagi dan ditempatkan di beberapa sekolah dasar yang sudah ditentukan relawan panitia. Di setiap sekolah, akan ada 3 jenis relawan yang akan bekerja bersama-sama secara sukarela.

  1. Relawan Pengajar. [ Pendaftaran tanggal 1-31 Desember 2016. Klik di sini untuk daftar ]
  2. Relawan Dokumentator. [ Pendaftaran tanggal 1-31 Desember 2016. Klik di sini untuk daftar ]
  3. Relawan Panitia / Fasilitator. [ Pendaftaran sudah ditutup ]



Menjadi Relawan Pengajar (Inspirator)

Relawan Pengajar adalah relawan yang bertugas untuk mengajar di kelas dengan menceritakan profesi serta pengalaman hidup dan pendidikannya. Untuk menjadi relawan pengajar, relawan harus sudah bekerja minimal 1 tahun. Relawan pengajar juga harus bersedia cuti pada Hari Inspirasi.



Untuk menjadi Relawan Pengajar syarat utama yang harus dimiliki adalah Anda merupakan tenaga profesional dari berbagai macam bidang pekerjaan. Dengan persyaratan:
  • Sudah bekerja.
  • Pengalaman kerja minimal 1 tahun dan masih aktif.
  • Sukarela dan berkomitmen tinggi
  • Bersedia cuti pada Hari Inspirasi (20 Februari 2017)
  • Bersedia hadir pada saat Briefing Akbar dan Refleksi (evaluasi)
  • Memahami dan melaksanakan 7 Sikap Dasar Kelas Inspirasi saat menjadi relawan






Menjadi Relawan Fotografer & Videografer (Dokumentator)

Relawan Dokumentator adalah relawan yang bertugas yang bertugas mendokumentasikan kegiatan Kelas Inspirasi pada Hari Inspirasi di Sekolah Dasar. Dokumentasi yang diambil dalam bentuk foto maupun video.



Persyaratan utama sebagai Relawan Foto/Videografer adalah Anda membawa perlatan dokumentasi sendiri ketika mengabadikan setiap momen di Hari Inspiasi. Adapun persyaratan lainnya adalah:
  • Usia minimal 18 tahun
  • Sukarela dan berkomitmen tinggi
  • Memiliki keahlian dalam bidang dokumentasi
  • Menyediakan alat dokumentasi sendiri
  • Bersedia cuti pada Hari Inspirasi (20 Februari 2017)
  • Bersedia hadir pada saat Briefing dan Refleksi (evaluasi)
  • Memahami dan melaksanakan 7 Sikap Dasar Kelas Inspirasi saat menjadi relawan