Kelas Inspirasi Karawang #2 akan segera hadir kembali di Kota Pangkal Perjuangan.

Kelas Inspirasi adalah sebuah gerakan sosial di bidang pendidikan yang mengajak para profesional di dunia kerja dalam bidang apapun untuk ambil bagian dalam menangani masalah pendidikan di Indonesia. Bentuk iuran yang ditawarkan kepada para relawan adalah cuti selama satu hari untuk kembali ke sekolah dasar dan menginspirasi anak-anak di sekolah. Inspirasi yang diberikan adalah mengenai profesi dan pekerjaan para relawan iu sendiri, agar mimpi dan cita-cita anak menjadi lebih terangsang.

Sebelumnya, relawan Kelas Inspirasi Karawang #1 berhasil menyelenggarakan Hari Inspirasi untuk pertama kalinya di kota ini di 16 sekolah dasar negeri pada tanggal 11 April 2016. Saat itu kegiatan Kelas Inspirasi dilaksanakan di 6 kecamatan secara serempak, yaitu di kecamatan Pangkalan, Teluk Jambe Barat, Karawang Barat, Rawamerta, Rengasdengklok dan Jayakerta.

Dengan tagline baru untuk KI Karawang 2: #IkutBekerja, Kelas Inspirasi Karawang membuka ruang publik yang lebih luas dengan mengajak lebih banyak orang untuk ambil bagian dalam gerakan ini. Karena kami percaya bahwa masalah di dunia pendidikan bukan hanya tugas Menteri Pendidikan, bukan tugas guru dan kepala sekolah, bukan hanya tugas orang tua. Tapi tugas seluruh masyarakat Indonesia.

Saat ini, kami sedang membuka pendaftaran untuk menjadi Relawan Panitia bagi siapa saja dengan ketentuan sebagai berikut:
  1. Mahasiswa/Umum
  2. Usia minimal 18 tahun
  3. Sukarela dan berkomitmen tinggi
  4. Berdomisili di wilayah Karawang dan sekitarnya
  5. Mampu berkomunikasi dan bekerjasama dengan tim
  6. Memahami dan melaksanakan 7 Sikap Dasar Kelas Inspirasi
  7. Bersedia hadir saat Briefing, Hari Inspirasi dan Refleksi

Poster Oprec Relawan Panitia KI Karawang #2

Tugas Relawan Panitia bukan untuk mengajar pada saat Hari Inspirasi. 

Namun lebih jauh, tugas dari Relawan Panitia adalah menyiapkan seluruh rangkaian acara kegiatan Kelas Inspirasi. Dimulai dari persiapan, survey Sekolah Dasar, publikasi dan promosi kegiatan Kelas Inspirasi, melakukan koordinasi dengan beberapa pihak untuk berlangsungnya kegiatan, melakukan seleksi terhadap Relawan Pengajar dan Dokumentator, hingga mempersiapkan acara Briefing Akbar, Hari Inspirasi dan Refleksi Kegiatan.

Nah, pada Hari Inspirasi Relawan Panitia akan bertugas sebagai Fasilitator.

Tugas dari Fasilitator adalah menjembatani atau narahubung antara Sekolah Dasar dan Relawan Pengajar maupun Relawan Dokumentator. Fasilitator akan mengenalkan sekolah dengan para relawan (para profesional) dan begitu juga sebaliknya, agar terjalin relasi yang berkesinambungan antara relawan (para profesional) dan sekolah. Relasi yang dimaksud adalah agar sekolah menerima informasi yang berguna bagi sekolahnya dari para relawan. Maka dari itu Fasilitator harus bisa menuntun Relawan aktif berbincang dengan sekolah untuk menggali informasi tentang potensi yang ada di sekolah.


---------------------------------



Apakah Anda memiliki kepedulian terhadap pendidikan di Indonesia (khususnya di Karawang)?
Ingin ikut kerja bakti dari awal di Kelas Inspirasi Karawang?
Ingin ambil bagian dengan menjadi seorang Relawan (Panitia)?

Yuk, #IkutBekerja bersama kami.

Daftarkan diri Anda melalui form: bit.ly/daftarpanitiakika2
(Pendaftaran Relawan Panitia akan ditutup pada tanggal 31 Oktober 2016)



Jadwal Kegiatan KI Karawang #2